Kata Allah merupakan nama Tuhan yang paling populer. Apabila Anda berkata “Allah” maka apa yang anda ucapkan itu, telah mencakup semua nama-nama-Nya yang lain, sedangkan bila anda mengucapkan nama-namanya yang lain, misalnya ar-Rahman, al-Malik dsb, maka ia hanya menggambarkan sifat rahmat, atau sifat kepemilikan-Nya. Di sisi lain, tidak satupun dapat dinamai Allah, baik secara hakikat maupun majaz, sedang sifat-sifat-Nya yang lain, secara umum dapat dikatakan bisa disandang oleh makhluk-makhluk-Nya. Bukankah kita dapat mengatakan atau menamai si Ali yang pengasih sebagai Rahim atau Ahmad yang berpengetahuan sebagai Alim ?.Secara tegas Tuhan Yang Maha Esa itu sendiri yang menamai diri-Nya Allah. Allah berfirman:
“Sesungguhnya Aku adalah Allah, tiada Tuhan selain Aku, Maka Sembahlah Aku” (QS Thaha 20 : 14).
Dalam QS Maryam 19 : 65 Tuhan bertanya : “Hal Ta’lamu Lahu Samiyyan”. Ayat ini dipahami oleh pakar-pakar Al-Quran sebagai bermakna : Apakah engkau mengetahui ada sesuatu yang bernama seperti ini? Atau Apakah engkau mengetahui sesuatu yang berhak memperoleh keagungan dan kesempurnaan sebagaimana Pemilik nama itu (Allah)? Atau bermakna Apakah engkau mengetahui ada nama yang lebih agung dari nama ini? Juga dapat berarti Apakah kamu mengetahui ada sesuatu yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?
Pertanyaan-pertanyaan yang mengandung makna sanggahan ini, kesemuanya benar, karena hanya Tuhan Yang Maha Esa, yang wajib wujud-Nya itu yang berhak menyandang nama tersebut, sedangkan selainnya tidak ada, bahkan tidak boleh. Hanya Dia (Allah) juga yang berhak memperoleh keagungan dan kesempurnaan mutlak, sebagaimana tidak ada nama yang lebih agung dari nama-Nya itu.
Para ulama dan pakar bahasa mendiskusikan kata tersebut antara lain apakah ia memiliki akar kata atau tidak. Sekian banyak ulama berpendapat bahwa kata Allah tidak terambil dari satu akar kata tertentu, tetapi ia adalah nama yang menunjuk kepada Dzat yang wajib wujud-Nya, yang menguasai seluruh hidup dan kehidupan dan kepada-Nya seluruh makhluk mengabdi dan bermohon. Tetapi ada juga ulama yang berpendapat bahwa kata Allah asalnya adalah Ilah, yang dibubuhi huruf alif dan lam, dan dengan demikian Allah merupakan nama khusus karena itu tidak dikenal bentuk jamaknya. Sedang Ilah adalah nama yang bersifat umum dan yang dapat berbentuk jamak (plural) Alihah. Dalam bahasa Inggris baik yang bersifat umum maupun khusus, keduanya diterjemahkan dengan God, demikian juga dalam bahasa Indonesia keduanya dapat diterjemahkan dengan Tuhan, tetapi cara penulisannya dibedakan. Yang bersifat umum ditulis dengan huruf kecil god/tuhan, dan yang bermakna khusus ditulis dengan huruf besar God/Tuhan.
Alif dan Lam yang dibubuhkan dalam kata Ilah berfungsi menunjukkan bahwa kata yang dibubuhi itu (dalam hal ini kata Ilah) merupakan sesuatu yang telah dikenal dalam benak. Kedua huruf tersebut di sini sama dengan The dalam bahasa Inggris, kedua huruf tambahan itu menjadikan kata yang dibubuhi menjadi bersifat ma’rifat atau definite (diketahui/dikenal). Penggunaan bahasa Arab mengakui bahwa Tuhan yang telah dikenal oleh benak mereka adalah Tuhan Pencipta, berbeda dengan tuhan-tuhan (Alihah, bentuk jamak dari Ilah) yang lain. Selanjutnya dalam perkembangan lebih jauh dan dengan alas an mempermudah, Hamzah yang berada antara dua lam yang dibaca (i) pada kata al-Ilah tidak dibaca lagi sehingga berbunyi Allah dan sejak itulah kata ini seakan-akan telah merupakan kata baru yang tidak memiliki akar kata sekaligus sejak itu pula kata Allah menjadi nama khusus bagi Pencipta dan Pengatur alam raya yang wajib wujud-Nya.
Sementara ulama berpendapat bahwa kata Ilah yang darinya terbentuk kata Allah, berakar dari kata al-Ilahah , al-uluhah, dan al-uluhiyah yang kesemuanya menurut mereka bermakna ibadah dan penyembahan , sehingga Allah secara harfiah bermakna Yang disembah. Ada juga yang berpendapat bahwa kata tersebut berasal dari kata alaha dalam arti mengherankan atau menakjubkan karena segala perbuatan dan atau ciptaan-Nya menakjubkan, atau karena bila dibahas hakikat-Nya akan mengherankan akibat ketidaktahuan makhluk tentang hakikat Dzat Yang Maha Agung itu. Adapun yang terlintas di dalam benak menyangkut hakikat Dzat Allah, maka Allah tidak demikian. Itu sebabnya ditemukan sebuah riwayat yang menyatakan “Berfikirlah tentang makhluk-makhluk Allah dan jangan berfikir tentang Dzat-Nya” Ada juga yang berpendapat bahwa kata Allah terambil dari kata Aliha-Ya’lahu yang berarti tenang, karena hati menjadi tenang bersama-Nya, atau dalam arti menuju dan bermohon, karena harapan seluruh makhluk tertuju kepada-Nya dan kepada-Nya pula makhluk bermohon.
Memang setiap yang dipertuhankan pasti disembah, dan kepada-Nya tertuju harapan dan permohonan, lagi menakjubkan ciptaan-Nya. Tetapi apakah itu berarti bahwa kata Ilah-dan juga-Allah secara harfiah bermakna demikian?. Benar juga bahwa kamus-kamus bahasa seringkali memberi arti yang bermacam-macam terhadap makna satu kata sesuai pemakaian penggunanya, karena bahasa mengalami perkembangan dalam pengertian-pengertiannya, tetapi makna-makna itu belum tentu merupakan makna asal yang ditetapkan oleh bahasa. Kata sujud misalnya pada awalnya digunakan oleh bahasa dalam arti ketaatan, ketundukan, kerendahan atau kehinaan. Meletakkan dahi di lantai adalah sujud karena itu pertanda kepatuhan dan kerendahan. Manusia atau binatang yang menganggukkan kepala juga dinamai sujud. Mengarahkan pandangan secara berkesinambungan atau lama pada sesuatu, jika disertai dengan kerendahan hati, juga dinamai sujud , bahkan ada jenis mata uang logam tertentu yang dinamai isjad yang terambil dari kata sujud, karena pada uang logam itu terdapat gambar penguasa yang bila rakyatnya melihat sang penguasa akan sujud. Demikiana terlihat makna dari satu kata bisa beraneka ragam, selama ada benang merah yang mengaitkannya dengan makna asal.
Kembali ke kata Ilah yang beraneka ragam maknanya seperti dikemukakan di atas, dapat dipertanyakan apakah bahasa atau Al-Quran menggunakannya untuk makna “yang disembah” ?.
Para ulama yang mengartikan Ilah dengan “Yang disembah” menegaskan bahwa Ilah adalah segala sesuatu yang disembah baik penyembahan itu tidak dibenarkan oleh akidah Islam, seperti penyembahan kepada Matahari, bintang, bulan, manusia atau berhala, maupun yang dibenarkan dan diperintahkan oleh Islam, yakni Dzat yang wajib wujud-Nya yakni Allah swt.
Kalau anda memperhatikan semua kata-kata Ilah dalam Al-Quran niscaya akan anda temukan bahwa kata itu lebih dekat untuk dipahami sebagai penguasa pengatur alam raya atau dalam genggaman tangan-Nya segala sesuatu, walaupun tentunya yang meyakini demikian, ada yang salah pilih Ilah-nya. Bukankah seperti dikemukakan sebelum ini kata Ilah bersifat umum, sedang kata Allah bermakna khusus bagi penguasa (Tuhan) sesungguhnya.
ILAH merujuk pada Tuhan buatan misalnya : Tuhan Manusia, Matahari, Dewa-Dewi, Dewa Matahari, Dewa Laut dll. Meskipun ada juga manusia yang menuhankan pikirannya, menuhankan nafsunya , menuhankan barang mistiknya dll. Sedangkan ALLAH adalah Tuhan dalam pengertian Pencipta seluruh makhluk di jagad raya.
Kata Allah mempunyai kekhususan yang tidak dimiliki oleh kata lain: ia adalah kata yang sempurna huruf-huruf dan maknanya, serta memiliki kekhususan berkaitan dengan rahasianya, sehingga sementara ulama menyatakan bahwa kata itulah yang dinamai Ism Allah al-azam (nama Allah yang paling mulia), yang bila diucapkan dalam do’a Allah akan mengabulkannya.
Dari segi lafazh terlihat keistimewaannya ketika dihapus huruf-hurufnya. Bacalah kata Allah dengan menghapus huruf awalnya, akan berbunyi Lillah dalam arti Milik/bagi Allah. Kemudian hapus huruf awal dari kata Lillah itu akan terbaca Lahu dalam arti bagi-Nya. Selanjutnya hapus lagi huruf awal dari Lahu akan terdengar dalam ucapan Hu yang berarti Dia (menunjuk Allah) dan bila ini pun dipersingkat akan dapat terdengar suara Ah yang sepintas atau pada lahirnya mengandung makna keluhan, tetapi pada hakikatnya adalah seruan permohonan kepada Allah. Karena itu pula sementara ulama berkata bahwa kata Allah terucapkan oleh manusia sengaja atau tidak sengaja, suka atau tidak. Itulah salah satu bukti adanya Fitrah dalam diri manusia. Al-Quran juga menegaskan bahwa sikap orang-orang musyrik adalah ” Apabila kamu bertanya kepada mereka siapa yang menciptakan langit dan bumi, pastilah mereka berkata Allah” ( QS Az-Zumar 39:38 )
Dari segi makna dapat dikemukakan bahwa kata Allah mencakup segala sifat-sifat-Nya, bahkan Dia-lah yang menyandang sifat-sifat tersebut. Karena itu, jika anda berkata Ya Allah, maka semua nama-nama serta sifat-sifat-Nya telah dicakup oleh kata tersebut. Di sisi lain, jika anda berkata ar-Rahim (Yang Maha Pengasih) maka sesungguhnya yang anda maksud adalah Allah, demikian juga jika anda mengatakan : al-muntaqin (yang membalas kesalahan), namun kandungan makna ar-Rahim (Yang Maha Pengasih) tidak mencakup pembalasan-Nya, atau sifat-sifat-Nya yang lain. Itulah salah satu sebab mengapa dalam syahadat seseorang harus menggunaan kata Allah ketika mengucapkan Asyhadu an La Ilaha Illa Allah, dan tidak dibenarkan mengganti kata Allah tersebut dengan nama-nama-Nya yang lain, seperti Asyhadu An La Ilaha illa ar-Rahman atau ar-Rahim.
Jika anda menyebut nama Allah, maka pasti akan tenang hati anda, demikian penegasan penyandang Ama’ul al-Husna, Allah swt. Dengan firman-Nya : Dengan mengingat Allah, akan menjadi tenteram hati (QS. AR-Ra’d 13 : 28)
Ketenangan dan ketenteraman itu lahir bila anda percaya bahwa Allah adalah Penguasa Tunggal dan Pengatur alam raya dan yang dalam genggaman tangan-Nya segala sesuatu. Ketenangan itu akan dirasakan bila anda menghayati sifat-sifatnya, kuadrat dan kekuasaan-Nya dalam mengatur dan memelihara segala sesuatu.
(Sumber : Tafsir Al-Misbah Vol. 1 hal : 17-21)
Tuhan atau God bukanlah terjemahan yang tepat untuk Allah, Allah tidak bisa diterjemahkan dalam bahasa manapun. Kata : “GOD” tidak bisa dipakai karena kata itu dapat berubah makna jika ditambah kata. Misalnya kata GOD kita tambah ESS maka akan menjadi GODDESS (Tuhan Wanita/Dewi), jika ditambah kata FATHER akan menjadi GODFATHER (perwalian bayi, pemimpin gerombolan) dll. Allah diterjemahkan Tuhan juga tidak tepat, karena Tuhan adalah kata umum. Matahari bisa di-Tuhan-kan, Pohon besar bisa dianggap Tuhan, bahkan kepandaian bisa di-Tuhan-kan juga.



December 16, 2008 at 8:43 am
Wah uraian yg pjg. Maaf ya jgn tersinggung, bukankah kata Allah sdh ada dr jaman jahiliah pra Islam yaitu dewa Allata. Oleh karena itu sering kita dengar kata2 :Alata Allah? Lalu 3 tiang yg didlm Kaabah bukankah itu bekas
Dari masa jahiliah. Thx.
December 16, 2008 at 9:03 am
Setahuku Allahx Daud Sulaiman n Ibrahim adalah Yahwe. Org kristen juga sepakat Yahwe. Lha kalo Islam mgakui nabi2 itu. Masakan larinya ke Allah.
Maaf ya ini cuma keingintahuan yg butuh info lbh. Masmur n puji2an juga sama, lha islam dilarang nyanyi.
December 16, 2008 at 10:13 pm
Steven:
Wah uraian yg pjg. Maaf ya jgn tersinggung, bukankah kata Allah sdh ada dr jaman jahiliah pra Islam yaitu dewa Allata. Oleh karena itu sering kita dengar kata2 :Alata Allah? Lalu 3 tiang yg didlm Kaabah bukankah itu bekas
Dari masa jahiliah. Thx.
—————————–
Jahilliah arab disamping menyembah Allah juga menyembah patung yang bernama Latta danUzza, dan konsep tauhid di berikan oleh Nabi muhammad dengan hanya menyembah Allah Saja, dan secara etomologi pengucapan lafaz Allah ditekan pada ‘ll’, Anda bisa bedakan tiang dengan berhala tidak?
Rasanya anda sudah pernah memasuki kaabah saja?
steve:
Setahuku Allahx Daud Sulaiman n Ibrahim adalah Yahwe. Org kristen juga sepakat Yahwe. Lha kalo Islam mgakui nabi2 itu. Masakan larinya ke Allah.
———————————–
Yahwe itu adalah bahasa ibrani.. dan Allah adalah lafaz bebahasa Arab, maknanya adalah sama. Menyanyi bisa jadi haram karena mudharatnya lebih banyak dari manfaatnya. kita dilalaikan dari mengingat Allah.
December 18, 2008 at 8:30 am
Numpang lewat…!
Steven kamu liat 3 tiang itu ya he2 ada fotñx kog masa si Hendra blum nemu. He2he mudharat2 tapi roh yg dikaruniakn Yahwe pd tiap mc mndorong mc memuji Tuhan liat
Aja si WALI CRISYE DLLiblis tahuYahwe suka puji2 an jadi dilarang deh.
December 18, 2008 at 10:24 am
Hendra … kalo gitu kalimat sahadat boleh dong ASH,..ILAHA ILA YAHWE. Atau pake bhs ibrani semua ngak pake Allah kan asal mulanya dr sono. Kamu ilangin AL pd kata Allata-aluzza en almanat kesanx mbuang sejarah pra islam. Maaf kalo agak nyinggung ya.
December 18, 2008 at 10:45 am
Hendra… Sangat lucu klo nyanyian buat memuji Tuhan dikatakn dkt mudharat, Daud dgn Mazmurx atau Zabur malah nyanyi bg Tuhan. Iblis trauma kalo mc nyanyi roh mc ikut memuji makaTuhan hadir diatas puji2an umatNya. Iblis pasti bencì banget dan lari.
December 18, 2008 at 11:19 am
steven… jangan gitu dong.. Al-Qur’an kan dirunkan dalam bahasa arab, yang saya katakan kan maknanya bukan lafalnya, anda bisa bedakan tidak?
jadi kalo Al-Qur’an di terjemahkan kedalam bahasa manapun kedudukannya sebatas sebagai komentar saja, tidak berarti Al-Qur’an itu sendiri, sama halnya dengan sahadat, kalo anda mengganti dengan yahweh, itu tidak kami temukan didalam ajaran muhammad, tetapi maknanya sama.
Sejarah pra islam? maksud anda yang mana? itu sejarah jahiliah bukan islam, islam menggan yang populer tetapi salah dengan yang tidak populer tetapi benar, dan kalo membuang Latta dan Uzza adalah memang itu inti dari ajaran muhammad yaitu tauhid.
December 18, 2008 at 11:23 am
dalam islam sudah ditentukan syariat dengan tidak menyanyi seperti yang dilakukan kaum salibi seperti anda, tunjukkan kepada ayat saya daud menyayi bagi tuhan? orgen, band dan apalah yang anda anggap bisa menyenangkan hati manusia. dan anda samakan nyanyian dengan pujian ?
December 19, 2008 at 6:55 pm
To.Steven kalo copy file ijin dulu donk. Ah tapiTak apalah
To.Hendra -jadi Allah Swt arab beda dong dgn Yahwe. Kalo di wahyu 13 ay18 Bilangan binatang itu adalah BILANGAN SEORG MC yaitu 666 apa ada kaitan dgn 6666 ayat quran ya. Si usman yg atur.
December 19, 2008 at 11:57 pm
Boneng.. maksud anda beda apanya? artinya? secara harfiah? atau beda apanya?
Kondisi jahilliah pra islam juga percaya tuhan tertinggi Adalah Allah, dengan segala sifatnya ,tetapi mereka juga menyembah tuhan-tuhan yang lain, seperti Allata dan Uzza. jadi yang anda maksudkan yag mana?
666 dengan 6666 ? beda 6000 bon… emang dulu bahasa ibrani tau angka 0? ditulis dalam angka gitu? coba tunjukin.
December 20, 2008 at 3:11 pm
To. Animo, maaf ya. 666 ìtu bilangan Antikris kalo 600 taon kmudian ada bilangn 6666 ya tak mungkinlah ada kaitanx ya. Betul juga kurang 6000. kalo aja tukang apal ngak mati en kitab laen ngak dibkar om usman, Pasti lbh tebal en lengkap.Smoga damai ya.
December 20, 2008 at 3:45 pm
maaf bon.. maksud anda lengkap apa? berbedaan logat pengucapan dalam bahasa arab itu yang menjadi jumlah mushaf berbeda-beda. he
December 20, 2008 at 3:46 pm
Soal tauhid aku dengar kalo ada tahlilan ada kalimat dlm Quran LALU KAMI (ALLAH) MENCIPTAKAN MEREKA BERPASANG2AN, semoga Allah ngak marah ya ma gue. Maaf lho semoga doa Alfatihah berganti doa Bapa Kami. Kan udah ditunjukin Inilah jln yg lurus. Taat aja.
December 20, 2008 at 4:21 pm
wah… wah…
Kayaknya makna Al-Qur’an anda tasfirkan secara semena mena, mentang – mentang ada kata kami anda langsung menyimpulkan bahwa itu itu tidak tauhid sehingga ada oknum lain selain Allah, jadi makna kata tersebut menjadi distorsi. Jangan anda artikan makna Kami dengan makna sesungguhnya itu adalah makna kiasan, seperti “Tangan Allah” maha suci Allah dari yang anda sifat kan, semua kehidupan ini ada yang mengaturnya yaitu malaikat-malaikat dan di iman anda pun percaya hal itu, tetapi komando dan kekuasaannya hanya kepunyaan Allah.
Jika semua kata-kata Al-Qur’an anda artikan sesuka hati anda, maka bisa kita lihat penyimpangan yang terjadi pada agama anda, mengartikan yesus sebagai anak benaran dari Allah ,bukan anak dalam artian kasih dan sayangnya.
Maksudnya??
Banyak kata anak didalam injil, jika anda konsisten maka semua adalah anak Allah, tapi pada kenyataanya tidak demikian anda mengkebiri selain Yesus. dan saya rasa ini tidak adil.
Jika anda ingin berkomentar tentang Al-Qur’an alangkah baiknya anda mempelajari bahasa Arab, sehingga maksud daripadanya tidak terdistorsi.
December 20, 2008 at 4:30 pm
Boneng . .Loe dari bulan ya br nongol. Nih ada ayat ok’s bget. Yesus DISEMBAH, Mat 15 ay 25 TETAPI PREMPUAN ITU MDEKAT DAN MENYEMBAH DIA SAMBIL BKATA TUHAN TOLONGLAH AKU’. Ada lg Bon -Kata Tomas YA TUHANKU DAN ALLAHKU (YOH 20 ay 28) inilah
IMAN KITA
December 20, 2008 at 4:44 pm
wah bagus banget tuh ayatnya steven..
TETAPI PREMPUAN ITU MDEKAT DAN MENYEMBAH DIA SAMBIL BKATA TUHAN TOLONGLAH AKU’.(Injil Matius 15:25)
anda mau tau ayat selanjutnya??? ya udah saya kasih tau deh..
“Tetapi Yesus menjawab, ‘Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada Anjing.” (Injil-Matius 15:26)
Ayat ini jelas dan gamblang sekali, bahwa Yesus Kristus Damai besertanya yang dianggap tuhan oleh umat kristen mengatakan bahwa tidak patut mengambil roti untuk anak anak dan melemparkanya kepada Anjing, siapa anjing ? anda dan saya (bukan Yahudi) Adalah Anjing menurut Yesus.
December 20, 2008 at 5:15 pm
Wah si Ano kaga lanjutin tu kisah dipotong2 dr awal. Mat 15 ay 27-28 kt prmpn itu bnr Tuhan, namun anjing itu mln remah2 yg jatuh dr meja tuanx (ay 28)Yesus mjwb hai ibu BESAR IMANMU, Maka jdlah kpdmu spt yg kau khndki.,.dst cuma uji iman perempuan itu.
December 20, 2008 at 5:45 pm
Ano. Hendra dll. Ada padamu Alkitab pelajari saja dgn mdalam. Semoga Roh Kudus menuntun kalian, bukan hanya sampai pd perjanjian dalam daging yg akan binasa. Tapi perjanjian baru yaitu baptisan. dilahirkan kembali secara Rohani. Steven berhenti . Syallom.
December 21, 2008 at 11:25 am
to Steven:
Bukanya anda yang pertama potong-potong ayat injil anda untuk mendukung argumentasi anda bahwa yesus itu tuhan??
dengan logika yang sama saya juga melakukan hal yang sama dengan yang anda lakukan, jadi fine fine aja dong.. he
January 23, 2009 at 6:47 am
anda bodoh steven jika benar-benar yesus itu tuhan mengapa tidak dari dulu saja yesus itu lahir sebelum Adam As. n mengapa tuhan harus mengalah pada manusia untuk disalib, padahal baginya kan mudah untuk mengampuni hambanya yang berdosa.!
February 11, 2009 at 2:54 am
segalanya sudah sempurna apa adanya. yang membeda-bedakan hanyalah pikiran kita, ucapan kita dan perbuatan kita.. hanya mereka yang bijaksanalah memahami itu bersumber dari keinginan.
lakukanlah hal yang baik bagi diri kita dan orang lain berdasarkan kesempurnaan tulisan, ucapan, maupun perbuatan..
March 20, 2009 at 2:19 pm
saya senang banget melihat semua ini kalo bisa lebih leluas lagi biar kami cara tentang agama
April 27, 2009 at 7:57 am
steven…yang nama na roh itu akan kembali pada ALLAH…MASA ROH BISA MENGAMPUNI MANUSIA??
SEMENTARA DALAM TUBUHMU ITU TERDAPAT ROH,,YANG SEWAKTU-WAKTU AKAN MENINGGALKAN JASADMU YANG AKAN HANGUS TERBAKR DALM NERAKA SANA,,
TUHAN TU CUMA 1,,,MANA ADA TUHAN BERANAK MAUPUN BERBAPAK…ADA-ADA AJA…
LAGIA NABI ISA ITU MANUSIA,,SAM DENGAN MUHAMMAD…HANYA SAJA PARA NABI ITU DIBERI WAHYU OLEH ALLAH MENYAMPAIKAN AMANAH ALLAH..BUKAN NA BUAT KALIAN SEMBAH,,
MANUSIA KOK DI SEMBAH,,,TOH YESUSMU ITU MATI JUGA KAN??
KOK TUHAN BISA MATI?
MUDAH-MUDAHAN ORANG-ORANG TERKUTUK SEPERTIMU ITU DIBERIKAN AZAB KARENA MENYEKUTUKAN TUHAN…UCAPKAN AMIN BAGI YANG MEMBACA…
AMIIIIIIIIN YA ROBBAL ALALMIIN…
April 27, 2009 at 8:06 am
TAU GA KENAPA ISLAM ITU NYAMAN,,,,
KARENA SEMUA UMAN ISLAM ITU BISA BACA ALQURAN,,,
SEMENTARA XAN UMAT KRISTEN PASTI BINGUNG KAN BACA KITAB NYA?///
JELAS DUNG WONG ISI NA BEDA-BEDA GITU…
LAGIAN BAHASA NA GA DA YANG SAMA..
MANA ADA DEWA ALAT DALAM ISLAM…MANK YAHUDI N NASRANI ZA YANG RESEH…
TERLALU PINTAR TAPI GAK PUNYA ETIKA…
LAGIAN DI HALAMAN TERAKHIR INJIL ITU DI SOBEK MA PASTOR XAN TU,,,YANG JELAS-JELAS MENJELASKAN BAHWA MUHAMMAD NABI TERAKHIR N ISLAM MERUPAKAN AGAMA TAUHID YANG MENYEMPURNAKAN AGAM SEBELUMNYA…TANYALAH SAMA PASTOR KALIAN YANG SUPER PINTAR TU,,,,
April 27, 2009 at 8:12 am
BUAT BONENG YANG PINTER NGOMONG…
KALO BENAR AGAMA XAN TU AGAM TAUHID,,,KENAPA SUKA MEMBUAT KEHANCURAN,,,KEBANYAKAN DARI PENGANUT INJIL TU LAH YANG TELAH MENGHANCURKAN BUMI…
TAU KAH XAN DALAM ALQUAN ITU MENJELASKAN BAHWA NERAKALAH TEMPAT ORANG-ORANG KAFIR SEPERTIMU ABADI DI SANA…
DAN GA AKAN PERNAH MENCIUM WANGINA SURGA…
KECIAN DE LOOOO…
April 28, 2009 at 8:52 am
An Nahl ayat 125
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”
Peace to All
Allhuakbar!!!
May 10, 2009 at 1:18 pm
yap…betul kta Ihsan.. percuma lho kita ngmong pnjang lbar utk menunjukkan tanda2 kebesaran Allah dan Islam itu sendiri. hanya hidayah Allah yg bisa membuka mata hati umat kristiani. tapi bukan berarti kita ga berusaha loh.. jika kita mau mengingatkan umat yg salah arah, kita bakal dapet pahala loh… ALHAMDULILLAH.. nikmat ALLAH sungguh nyata. ayo kita buktikan bahwa ALLAH itu Esa!!!!!1 LA ILAHA ILALLAH..
June 16, 2009 at 4:21 am
Banyak juga yang kirim komentar.
aku cuman ingin lebih tahu tentang islam dan aku ingin memperkokoh imanku kepada Allah.
Bukan mau ikut berdebat.
Biarpun pengetahuan ku tentang Islam rendah tapi aku tidak ingin ikut menyekutukan Allah.
dan kulihat yang pertama kali memberikan komentar adl Steven. aku mau tanya sama Steven agamamu itu apa??
kamu faham teori diatas apa sudah faham juga prakteknya??
jika agamamu Islam maka aku akan sangat malu.
jika agamamu Kristen maka aku akan sedih.
jika agamamu selain diatas maka aku salut padamu, akan tetapi sangat kecewa padamu.
dan siapa pembuat bolg ini??
apa agamanya dan apa tujuannya??
aku berharap bukan ajang perdebatan tentang keESAan ALLAH.
Allah adalah Tuhan dan semua ciptaan Allah adalah makhluk. Allah tahu dan faham gerak-gerik atau tingkah laku kita, tapi kita tidak tahu apa yang dilakukan Allah tapi kita harus percaya bahwa Allah itu benar-benar ada dan kita terciptakan atas kehendaknya.
aku juga mau menambahkan sedikit bahwa bernyanyi itu haram karena lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya. apalagi yang bernyanyi itu adalah orang perempuan karena suara orang perempuan juga termasuk aurot yang perlu dilindungi, haram hukumnya orang perempuan mengeluarkan suara berdesis maupun mendesah-desah seperti orang kehabisan nafas.
“dengan pernyataan diatas apakah puji-pujian juga dilarang juga ??”
jawabannya kurasa “TIDAK”
“mengapa tidak ??”
karena belum pernah kutemukan dalam hadits yang melarang puji-pujian, aku merasa orang melakukan puji-pujian hanya ingin menambah kemantapan hatinya dalam beribadah bukan dengan tujuan bernyanyi.
baginya tidak mendapatkan pahala melainkan mendapatkan kemantapan lebih untuk melakukan ibadah yang lain.
sesuatu dinilai dari tujuannya bukan dari nilai ataupun hasilnya, asalkan tujuannya baik maka akan dinilai baik pula.
mohon maaf kalau ada yang tersinggung, sesungguhnya aku adalah orang yang berilmu agama rendah, begi yang mau membantu aku dalam penuntutan ilmu agama Islam, atau mau berbagi artikel tentang agama islam kirim saja ke email aku di: samuel.kristian54@gmail.com
apabila terjadi kesalahan pada pernyataan diatas mohon beri tahu saya.
ALLAHU AKBAR. Tuhan Semesta Alam.
July 3, 2009 at 3:35 pm
YESUS GOBLOK…………………..
July 8, 2009 at 12:47 am
Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat. (1Kor 1:27)
August 3, 2009 at 5:53 am
to kaka
bukan yesus yang goblok tapi kamu kayanya yang goblok
////////////////////////
laa ilahaillallah artinya:tiada tuhan selain tuhan,,,,,.
tuhan itu allah dan allah itu tuhan.
September 1, 2009 at 4:31 pm
sahor…..sahor…sahor….
September 4, 2009 at 6:20 am
buka puasa…
September 4, 2009 at 6:34 am
yesus ditangkep dan disalibkan g ada yang belain,,,kacian….kok omat kristen bangga dengan sikap pengecut mereka yang tidak mau membela yesus?
umat kristen memang bahagia liat yesus mati ditiang salib….mereka paling bahagia lihat yesus disiksa dan dibunuh supaya mereka bebas melakukan dosa.
September 4, 2009 at 6:36 am
kehendak umat kristen adalah
supaya yesus mati agar mereka ditebus dosanya oleh iblis….
September 5, 2009 at 7:11 am
yesus/isa adalah nabi yang gagal sebagai pembawa misi tuhan.mengingat semua nabi yang menerima pesan kerasulan,mampu membina masyarakatnya,di akhir kehidupannya.
Allah tidak pernah menurunkan mujizat kemenangan tanpa adanya perjuangan.
sedangkan isa,dengan sedikit muridnya di tengah tekanan tentara romawì dan rongrongan bangsa yahudi,tìdak mungkìn di menangkan.
ya tetap mulia dong,mengingat Allah hanya menilai perjuangan,sedangkan hasil tergantung olehNya.
Ketahuìlah,mujìzat terbesar adalah kemenangan.
sebagaimana da’wah Muhammad saw.
itulah mujizat rasul Allah yang terbesar.
dan islam di menangkan atas segala agama.
Mohon maaf sebelumnya,inì hanya sekedar pandangan saya prìbadi tentang kerasulan isa as.
September 5, 2009 at 7:55 am
tidak ada nabi atau rasul yang gagal, kesemuanya hanya menjalankan amanat menyampaikan.hidayah tetap milik ALlah.
jauhilah memandang salah seorang nabi sebagai nabi gagal.itu jauh lebih mulia bagimu ibeng
September 5, 2009 at 1:05 pm
Gagal bukan berarti lalaì.
dan kegagalan isa bukan karena kelalaiannya.
September 5, 2009 at 6:19 pm
Yesus tidak pernah gagal, karena nyatanya pengikut Yesus dan setia pada Yesus sangat banyak, dan sekarang mereka sedang menanti kedatangan Isa kembali ke bumi ini, dan tanda-tanda kedatangan Yesus itu sedang terjadi, seperti gempa bumi, bencana alam, terorisme dll
Seperti yang Yesus nyatakan bahwa keadaan dunia ini tidak akan jadi lebih baik, krisis demi krisis akan silih berganti dan semuanya itu akan terhenti bila Yesus datang ke dua kali
September 5, 2009 at 10:47 pm
To Darto
Yesus memang tidak Gagal, tetapi juga tidak berhasil, karena masih banyak domba2 sesat dari israel yang masih tetap sesat. Yang anda sebut sebagai pengikut yesus adalah bukan pengikut yesus secara hakikat, mereka mengatakan pengikut yesus dari mulut mereka saja, padalah syariat mereka mengikuti paulus.
Mengenai tanda2x seperti [gempa bumi, bencana Alam] juga sudah terjadi di zaman2x nabi sebelum yesus, jadi menurut saya ini tidaklah relevan, ^_^
Apalagi anda mengatakan “terorisme” [saya harap anda tidak sedang menyindir umat islam] ^_^. Terorisme sudah dilakukan orang2x yahudi kepada yesus semasa hidupnya.
Mengenai kedatangan yesus kebumi, saya juga sedang menantinya juga. ^_^
September 6, 2009 at 1:53 am
@darto
di pandang sebagai manusiapun,yesus pemimpin yang gagal,mengìngat penjajahan romawì yang kejam masih berlanjut,hingga ratusan tahun setelah kematìannya.
lalu bagaimana kamu sampai memandang dirinya tuhan.
apakah hidup terhina hingga matì tersìksa,
kamu anggap itu ungkapan kasih sayang.sementara penganiayaan terus berlanjut,baik sebelum maupun sesudah kematiannya.
tuhan mengambil wujud ciptaannya untuk terhina dan tersiksa.
sungguh tragis tuhanmu.memìmpin gerombolan yahudi saja tidak mampu.bagaimana mau memimpin dunia.
September 6, 2009 at 2:55 am
to darto n all
tugas Nabi isa almasih belum selesai,beliau akan datang lagi kedunia ini membawa kebenaran dan keadilan,dengan cahaya Islam.
bagaimana perasaan kaum kristen ketika ternyata nanti yesus memihak kepada kita kaum muslimin….dan menolak mereka orang2 kristen sebagai pengikutnya
October 9, 2009 at 6:45 am
ASTOv,,, Kalian umat nasrani & yahudi
sangatlah salah dalam mengikuti agam kalian.
injil yg sekarang sudah tidak asli, injil yg sekarang sudah di ubah dgn orng2 yahudi.
ISLAMLAH AGAMA YANG BENAR,
ISLAM AGAMA YANG DIAKUI ALLAH
SESUNGGUHNYA ORANG KAFIR AKAN DI MASUKAN KEDALAM NERAKA….
BERTAUBATLAH WAHAI SAUDARA KU..
ALLAH…ALLAH..ALLAH
LAAILAHAILLAH MUHAMMADARASULLAH..
AKU BERSAKSI BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH
DAN AKU BERSAKSI BAHWA NABI MUHAMMAD ADALAH UTUSAN ALLAH…
CAMKAN ITU,,
October 9, 2009 at 6:48 am
to ryan
benar kawan, nabi isa akan datang kembali dan akan melawan dajjal (si raja setan)
hai orang nasrani&kristen&yahudi
nabi isa bukanlah tuhan dia adalah nabi, yang sekarang ada di langit . dan nabi isa akan datang kembali ketika hari kiamat esok..
sesunnguhnya ISLAM AGAMA YANG PALING BENAR, DAN AL-QUR’AN &HADIST ADALAH PEDOMAN DUNIA AKHIRAT..
ALLAHUAKBAR
October 9, 2009 at 6:53 am
to all
sebenarnya yesus TIDAK ADA
yang disalib itu adalah yadas is kariot,
bawasannya ALLAH TELAH menyerupakan yudas dengan nabi isa.,
jadi yang disalib itu adalah yudas,
kemudian maryam bukan istri tuhan,
ALLAH ADALAH SATU TIDAK BERANAK DAN TIDAK DI PERANAKAN,.
kalian semua,,, yang menganggap yesus adaalh tuhan kalian sesat sejauh2jauhnya…
bertaubatlah ke jalan ALLAH KE ISLAM wahai saudaraq
Dan ingatlah, kaum yahudi telah, merubah isi injil.,
kemudian injil yg sekarang bukan yg asli,
dan wahai saudaraq sesungguhnya kitab yang sudah di sempurnakan oleh ALLAH SWT adalah kitab AL-QUR’AN yang diturunkan oleh nabi MUHAMMAD SAW
October 9, 2009 at 2:00 pm
@ rony
Assalamualaikum rony, Semangat Sekali, saya suka semangat anda. ^_^
Diblog ini juga dulu ada yang mendebat saya bernama “Rony” tetapi dia jarang muncul sekarang. Eh.. ternyata sekarang yang muncul rony yang lain, yang lebih Semangat… tentunya di dalam Islam.
Salam Damai rony.
October 10, 2009 at 12:13 pm
Rony…. rony
Pangkatmu apa toh, sehingga bisa menyatakan bahwa Injil yang sekarang ini bukan yang asli ?
Kami yang mengimani Injil yang ada dalam Alkitab, tidak bermasalah, malah hidup kami tentram, dan damai. Tidak perlu membuat Front Pembela Kristen untuk menandingi Front Pembela Islam dan laskar-laskar yang lain.
Alkitab itu sempurna dan saling menjelaskan, tidak perlu tanda kurung seperti di Al-Quran yang mana hal itu menunjukkan penafsiran akal manusia. Contohnya, di Alkitab dengan jelas tertulis bahwa yang dikorbankan oleh Ibrahim adalah Ishak. Tertulis jelas. Tapi di Al-Quran ? tidak disebutkan, coy
to Ryan,
——-
bagaimana perasaan kaum kristen ketika ternyata nanti yesus memihak kepada kita kaum muslimin….dan menolak mereka orang2 kristen sebagai pengikutnya
———–
Yesus jelas tidak akan memihak pada umat muslim, karena Yesus tidak akan datang menjemput orang yang beribadah pada hari Jum’at karena saat Yesus di dunia ini, Ia beribadah pada hari Sabat, dan seperti yang diucapkan Yesus sendiri, Ia ( Yesus) tidak akan merubah hukum Taurat
October 10, 2009 at 2:00 pm
@ Darto
Emang FPI pernah ngapain anda si darto ? Nginjek2x anda ? Kalo umat kristen tidak punya Front untuk membela kristen merasa aman si itu terserah anda, wong saudara anda yang kristen di palestina di injek2x sama israel aja anda diem saja disini. Tentram dan damai di atas darah Orang suci itu sudah menjadi makanan sehari2x bagi anda.
Emang bilang kitab suci umat kristen bukan asli harus pangkat apa darto ? Jendral ? ^_^
Yang bilang itu sudah barang tentu Sarjana Theologi, yang jelas itu orang kristen sendiri, saya merasa prihatin karena anda masih berspekulasi bahwa kitab suci anda itu 100 firman Allah, anda lebih baik belajar lebih banyak lagi tentang Alkitab anda.
Alkitab sempurna ? apakah ukuran sempurna itu terjemahannya yang tidak memakai tanda kurung ? atau ratusan versi yang saling obral kata pengantar biar laku keras? atau yang bercerita tentang alam semesta yang carut marut ? atau apa ?
anda tidak usah cuap2x mengatakan yang dikorbankan adalah Ishak dalam Alkitab anda, anda tidak berkutik dalam treahd kebusukan taurat israel.
Klaim anda tentang Kepemihakan yesus itu juga tidak berarti apa2x buat saya, wong ada saja tidak beribadah pada hari sabat. Sabat itu jelas Mirip Sabtu, bukan Minggu!
Anda mengatakan Sabat hari Minggu itu wajar wong logika anda sakit.
October 10, 2009 at 2:21 pm
—–
anda tidak usah cuap2x mengatakan yang dikorbankan adalah Ishak dalam Alkitab anda, anda tidak berkutik dalam treahd kebusukan taurat israel.
——-
fakta menyatakan, tidak ada tertulis di Al-Quran bahwa Ismail yang dikorbankan, Coy.
Nggak usah cuap-cuap.
Apakah masih bercuap bahwa Quran itu sempurna, Coy ?
He..he…he…..
kalau mau cuap-cuap, tulis dalam kurung aje.
October 10, 2009 at 2:28 pm
@ Darto
Apakah anda membandingkan Al-Qur’an dengan Alkitab lalu jika ada perbedaan kisah didalam AQ dan Alkitab maka yang benar adalah Alkitab ?
Begini saja, mana didalam Alkitab bahwa anak Tunggal Ibrahim adalah Ishak ? Sebelum ishak lahir Islmail sudah lahir darto. Kenapa Ishak ditambahkan dengan anak yang tunggal ?
Apa tolak ukur dari kitab yang sempurna ? Perzinahan Yehuda ? Yang nenek moyangnya di catat di dalam daftar silsilah yesus ? Nabi yang telanjang ? atau apa ?
Kritikan anda dalam kurung itu tidak berarti apa2x dibandingkan ratusan versi yang saling sodok menyodok.
October 10, 2009 at 2:45 pm
Karena Ismail adalah anak dari istri yang sah, Al-Quran pun mengakui bahwa Sarah adalah istri Ibrahim yang sah.
Kalau Hagar ? Hanya pembantu, babu, TKW dari Mesir yang nasibnya sama dengan TKW Indonesia yang ada di ARAB SAUDI, Kiblat orang Muslim se dunia, Habis manis sepah dibuang.
Fakta menyatakan demikian tentang sebagian nasib TKW Indonesia, dan apa bedanya dengan TKW Mesir itu ?
October 10, 2009 at 2:54 pm
@ Darto
Karena Ismail adalah anak dari istri yang sah, Al-Quran pun mengakui bahwa Sarah adalah istri Ibrahim yang sah.
———————————————
Mungkin anda salah, menurut Alkitab dan Anda bahwa Ismail adalah anak yang tidak sah, kita pernah membahas ini bahwa anda mengatakan Nabi Ismail anak gundik, lalu anda tidak mau mengakuiny, setelah saya tunjukan butkinya bahwa anda pernah berkata seperti itu,baru anda diam seperti katak dalam tempurung.
Apa yang membedakan antara anak yang sah dan tidak sah ? apakah karena alkitab memakai kata “Isteri” dan “Gundik” ?
coba jelaskan kepada saya.
Inilah sebenarnya Orang kristen sejati, Ngomong harus pake Hujatan, Hagar sama dengan TKW Indonesia ? Ingat darto, omongan anda akan di arsipkan.
anda mengatakan apa bedanya TKW indonesia dan Hagar ? Jika TKW Indonesia Di perkosa dan diinjak2x disana apakah hagar juga ?
October 10, 2009 at 2:58 pm
Anak dari istri yang sah, mendapat warisan, kalau anak dari istri simpanan dapat ………..
Bisa buktikan bahwa Ismail dapat warisan dari Ibrahim dalam Alkitab dan Al-Quran ? Tertulis dimana ?
October 10, 2009 at 3:10 pm
@ Darto
Anak dari istri yang sah, mendapat warisan,
————————————————
Apa patokan warisan yang anda maksud ? Harta ?
Berapa banyak dalam realitas kehidupan kita bahwa wanita simpanan lebih memilik harta dari pada wanita yang dinikahi secara sah ?
Darto, AQ mengatakan bahwa Sahar dan Hagar adalah Isteri yang sah, tidak seperti Alkitab yang membedakannya, dengan munggunakan kata gundik dan isteri. anda belum menjawabnya, apakah keuda kata itu berbeda sehingga anda mempermasalahkan warisan ?
October 10, 2009 at 3:13 pm
Kalau ingin tahu perbedaan kata istri dan gundik, gampang…. kawan ! baca kamus
Tetapi di kamus tidak pernah ada penjelasan bahwa Ismail mendapat warisan dari Ibrahim.
Ada pernyataan di Al-Quran ?
October 10, 2009 at 3:23 pm
@ Darto
Bagaimana Jika Kamus itu kita ambil dari Alkitab anda ? Apkah alkitab anda lebih otentik dari pada Kamus ? atau kamus lebih otentik dari alkitab ? mengenai kedua makna kata itu ?
Anda belum menjawab, apakah ukuran warisan itu ? Harta ? Ilmu ? atau apa ?
October 10, 2009 at 3:44 pm
Baca saja di buku Kejadian 21 : 8-21
Anda akan memahaminya. Kalau di Al-Quran saya tidak tahu.
Dapatkah anda memberitahukan pada saya kisah tersebut tertulis di Al-Quran, biar saya buka Quran digital.
Tolong sebutkan tertulis dimana di Al-Quran.
October 10, 2009 at 3:57 pm
@ Darto
Ok, anda tidak menjawabya, saya akan tunjukan dalam Alkitab anda bahwa kata “Gundik” dan “Isteri” adalah Sinonim. lihat :
[1 Tawarikh 1:32] Keturunan Ketura, gundik Abraham: perempuan itu melahirkan Zimran, Yokasan, Medan, Midian, Isybak dan Suah. Anak-anak Yoksan ialah Syeba dan Dedan.
[Kejadian 25:1] Abraham mengambil pula seorang istri, namanya Ketura.
Dua Kata “Gundik” dan “Isteri” dipakai oleh Alkitab yang menunjukan keduanya adalah sinonim.
Nah, Jika alkitab mengatakan keduanya sinonim, siapa yang mau membantahnya ? Lalu kenapa Anda mempermasalahkan Hak waris ?
AQ mencatat anak pertama adalah Ismail, Alkitab juga mencatatnya 13 tahun Ismail Lebih dulu di lahirkan, tetapi bedanya anda membedakan Keturunan yang sah dari ismail dan ishak, saya harap anda tidak membedakannya karena “Istri” dan “gundik” dalam Alkitab itu mempunyai arti yang sama.
Untuk Kisah penyembelihan lihat
(Qur’an, 37: 103-107)
October 10, 2009 at 4:10 pm
Nggak ada tertulis Ismaillah yang disembelih.
Macam mana pula ini, bahhh….
Nunjukin ayat aja nggak bisa.
Istri dan gundik jelas beda kawan…, kalau bini dan istri pasti sama,
Mengenai hak waris, disitulah masalahnya… kawan.
Ishak mendapat warisan tanah Palestina, dan itulah yang Tuhan janjikan pada Ibrahim. Tapi Ismail khan nggak dapat, makanya dapatnya padang gurun.
October 10, 2009 at 4:28 pm
@ Darto
Istri dan gundik jelas beda kawan…, kalau bini dan istri pasti sama,
—————————–
Liat kutipan ayatnya sendiri aja ga bisa pahami, jelas2x ayat yang saya kutip itu sinonim. Kalo bukan sinonim ayat tadi itu kontradiksi bung!
Oh gitu toh ? ternyata anda mempermasalahkan padang gurun ? Sekarang bukan padang gurun bung. Ibrahim menempatkan Nabi Ismail disana bukan tanpa alasan, karena perintah Allah, bukan karena perkataan anda sah dan tidak sah.
Anda meminta Nama bahwa Nabi Ismail itu yang di korbankan? di dalam AQ, seperti pencatat alkitab yang memberikan tambahan “anakmu yang tunggal, yakni ishak” Sarjana kristen dan Yahudi mengetahui jika anak tunggal ibrahim sebelum ishak itu Ismail! ini bukti bahwa alkitab anda ditambah dan dikurangi!
http://islambisa.wordpress.com/2009/04/05/kebusukan-taurat-israel/
Mengenai argument dari AQ, silahkan rujuk :
http://blog.re.or.id/yang-dikorbankan-nabi-ismail-atau-nabi-ishak.htm
Masih anda beralasan ? Jangan semakin menguatkan diri saya untuk berfikir bahwa anda manusia doktrinal.
October 10, 2009 at 4:52 pm
Fakta menyatakan, bahwa Ishak adalah anak tunggal dari istri yang sah, Sarah. Ismail anak tunggal dari pembantu, Hagar dan Paulus menjelaskan dengan gamblang dalam Galatia 4 : 21 – 31
jadi saya pun tidak heran kalau anda sangat membenci Paulus, karena Paulus menyatakan fakta.
October 10, 2009 at 5:20 pm
@ Darto
Ckckckck, lagi anda mempermasalahkan sah dan tidak sah. Bukankah ayat diatas yang saya kutip itu menunjukan persamaan arti antara isteri dan gundik? jika tidak maka itu kontradiksi.
Ya, saya sudah mengatakan kepada anda, bahwa semua sabda yesus di damprat oleh paulus dalam tulisannya yangberjumlah 14 buku dalam perjanjian baru yang menjadi fundament iman anda.
October 11, 2009 at 2:16 pm
Iman saya hanya pada Yesus, yang tertulis di Alkitab, bukan pada Paulus.
dan dalam menjalani hidup di dunia ini, saya berjalan dalam iman di dalam Yesus yang hidup, Alkitab dan Al-Quran memberi kesaksian yang sama.
Buat apa saya berfundamen iman pada Paulus yang sudah mati itu apalagi sama Muhammad yang nyuruh pengikutnya mendoakannya selalu yang menunjukan bahwa ia belum menemukan jalan yang lurus.
October 12, 2009 at 2:10 am
To : Darto
Terus loe sendiri kenapa sering ke gereja tiap hari Minggu, baca Alkitab, diskusi ama pendeta, ( MEMBUAT PENGAKUAN DOSA ) hahahahahaha, lagi2 orang bodoh macaem loe masih ada ya di dunia ini. Kalo loe udah meyakini bahwa Yesus mengampuni semua dosa loe tanpa loe harus melakukan semua hal di atas, untuk apa kan berbuat cape2… mungkin loe mau kencan, bersosialisasi….dan masih banyak hal…..yang penting aman, udah ada yang GARANSI kalo dosa loe bisa diampuni dengan SIM SALABIM……….
Wah, orang munafik macem loe ini perlu dipertanyakan keimanannya tentang Kristen. Ngerti sejarah gak, membabi buta nyerang Islam dari berbagai sisi, tapi wajarlah……kami udah terbiasa dengan cercaan dan tuduhan demikian
October 12, 2009 at 3:52 am
Tuhan yang Maha pengasih,dan Maha suci..IlmuNya meliputi orang2 kafir,Dia yang lebih mengetahui jalan yang ditempuh oleh hamba2NYa.mana yang lurus dan mana yang bengkok,serta jalan jalan yang lain.Dia menunjuki hambaNYa dan menyesatkan HambaNya sesuai dengan kehendakNya.
iman itu ada didalam hati,didalam hati.kita manusia berbeda dalam setiap hal termasuk tingkat keimanan.
yang pasti perdebatan diatas menunjukkan bahwa darto lebih memiliki kebencian kepada seorang manusia.dia mencerca ismail,hagar maupun nabi kita Muhammad SAW dan merendahkan derajat seseorang padahal ia tidaklah mengetahui atau mengenal dengan baik kedua tokoh tersebut kecuali dengan memicingkan sebelah mata.dan diapun mencerca orang yang hanya menyembah tuhan semesta ini,dengan anggapan bahwa berdoa meminta petunjuk jalan yang lurus kepada tuhan yang maha esa adalah sia sia.dia sombong bahwa dirinya sudahlah tidak lagi berdosa dan sudah pasti akan berada dijalan yang lurus itu.
tenang saja,yesuspun akan marah jika mendengar kata kata darto ini yang menyebut saudara kakek moyangnya yesus(ismail) sebagai anak seorang gundik dan tak berhak atas warisan.
dan menghina kakek moyang yesus (ibrahim) sebagai orang yang memiliki gundik yang melahirkan anak yang tidak diakui(ismail).
dengan begiti darto tidaklah mencerminkan ajaran yesus:kasihilah musuhmusuhmu,sayangilah sesama manusia seperti engkau menyayangi dirimu.
bahkan dalam hati darto tidaklah ada mengenal yesus sama sekali,karena bagi yang mengenal yesus dan ajarannya tidaklah mungkin melontarkan pendapat yang sepicik dan bodoh,yang didasari oleh kebenciaan.apalgi terhadap orang yang memiliki pertalian hubungan keluarga dengan yesus(hagar,ismail,muhammad)
October 12, 2009 at 3:56 am
kami umat islampun beriman kepada yesus tapi dengan cara yang berbeda dengan kalian umat kristen.adakah nabi2 dan utusan yang tertuang dalam taurat dan yesus sendiri bersama murid2nya yang kami(umat islam)hujat seperti darto menghujat nabi kami ismail, dan muhammad?
October 12, 2009 at 12:14 pm
@ Darto
Iman saya hanya pada Yesus, yang tertulis di Alkitab, bukan pada Paulus.
———————————-
DUSTA! Apa yang yesus ajarkan kepada Anda ?
Apa yang Paulus Ajarkan Kepada Anda ?
Saya ingin lihat ajaran keduanya didalam Alkitab ?
Tentang Dosa Waris, Bagaimana Ajaran Yesus ? Bagaimana Ajaran Paulus ?
Tentang Penyaliban Menebus Dosa Manusia, Bagaimana Ajaran Yesus ? bagaimana Ajaran Paulus?
Tentang Yesus Adalah TUhan, Bagaimana ajaran Yesus ? bagiamana Ajaran Paulus ?
anda berani berbicara tentu punya bukti yang kuat, tidak asal ngomong dan menghujat Nabi Kami, Buktikan jika anda ini memang kristen yang bermoral dan punya etika.
Darto:
dan dalam menjalani hidup di dunia ini, saya berjalan dalam iman di dalam Yesus yang hidup, Alkitab dan Al-Quran memberi kesaksian yang sama.
—————————————-
Jangan asal ngomong, AQ berbeda dalam Menilai Yesus, AQ tidak pernah memberikan kesaksian bahwa Yesus adalah Tuhan.
Darto:
Buat apa saya berfundamen iman pada Paulus yang sudah mati itu apalagi sama Muhammad yang nyuruh pengikutnya mendoakannya selalu yang menunjukan bahwa ia belum menemukan jalan yang lurus.
———————————————–
Benarkah ? Anda tidak perlu mempercayai dosa waris, penyaliban dan ketuhanan Yesus. Karena semua itu ajaran paulus! yang menurut anda Dia sudah Mati! dan saya tidak memaksa anda menuruti ajaran Nabi Kami, yang logika anda chetek sehingga main tuduh tanpa bukti kuat bahwa nabi kami meminta didoakan!
Islam mengajarkan Falsafah do’a yang terangkum dalam Surat Alfatihah yang maknanya sangat tinggi. Kita akan sadar bahwa Allah maha segalanya, sebagai Makhluk kita meminta perlindungan dari bencana, ampunan dan Petunjuk. Memang anda pengikut paulus 100%, yesus seorang Nabi dan Rasul Besar saja tidak malu berdoa Kepada Allah :
Matius 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”
Seorang “Tuhan” berdoa Kepada Tuhan ?
Logikanya, Jika dia berdoa kepada Tuhan, maka dia Bukan Tuhan.
untuk artgument lengkap tentang “jalan yang lurus” dan “shalawat” lihat di link ini :
http://islambisa.wordpress.com/2009/07/20/debat-missionaris-dengan-santri-masalah-sholawat-nabi-dan-doa-keselamatan/
October 15, 2009 at 2:08 am
@ hendra
iy, saya kmrn lyat2 di google tpi mlah mnmkan web in.
yg justru melecehkan umat muslim..
@ hendra yupz,, kta hrus smngt bro! qt sbg umat muhammad muslim..
hrus mnjdikan khalifah sbg pemimpin d dunia in..
yakinlah kta benar, ISLAM BENAR.. ^^
ALLAHUAKBAR..ALLAHUAKBAR
@ dartO
saya tidak punya pangkat apa2,, saya hanyalah masnusia biasa,,
tetapi okelah,,, saya menghargai hak anda sbg kaum kristenn.
ttpi saya meyakini bawassannya injil yg skrng sdah tdk asli, sdah bnyk campur tangan umat yahudi zaman dahulu, injil yg asli, masih ada yaitu injil barnabas,,
tetapi stlh nbi ISA AS ingatlah masih adaa Nabi Muhammad SAW, dia yang menyempurnakan kitab2sebelumny,.
Muhammad adalah nabi terakhir /penutup..
kemudian menurut saya,, ALLAH Adalah ALLAH (ia esa)
bukan bapa/ bpkny yesus..
mngn d kitab injil mnjlskn bawasannya isa ank Tuhan,,
tetapi anda salah kaprah dlm mengartikannya, mnrt pngrtian islam,, isa adalah utusan ALLAH, bukan anak ALLAH.
…….
it’s ok saya menghargai pendapat anda, karna dlm indonesia qt hrus mnghrgai agama orng lain..,
ttpi blog in knp,, mlcehkn islam??
October 15, 2009 at 2:09 am
@ hendra
iy, saya kmrn lyat2 di google tpi mlah mnmkan web in.
yg justru melecehkan umat muslim..
@ hendra yupz,, kta hrus smngt bro! qt sbg umat muhammad muslim..
hrus mnjdikan khalifah sbg pemimpin d dunia in..
yakinlah kta benar, ISLAM BENAR.. ^^
ALLAHUAKBAR..ALLAHUAKBAR
@ dartO
saya tidak punya pangkat apa2,, saya hanyalah masnusia biasa,,
tetapi okelah,,, saya menghargai hak anda sbg kaum kristenn.
ttpi saya meyakini bawassannya injil yg skrng sdah tdk asli, sdah bnyk campur tangan umat yahudi zaman dahulu, injil yg asli, masih ada yaitu injil barnabas,,
tetapi stlh nbi ISA AS ingatlah masih adaa Nabi Muhammad SAW, dia yang menyempurnakan kitab2sebelumny,.
Muhammad adalah nabi terakhir /penutup..
kemudian menurut saya,, ALLAH Adalah ALLAH (ia esa)
bukan bapa/ bpkny yesus..
mngn d kitab injil mnjlskn bawasannya isa ank Tuhan,,
tetapi anda salah kaprah dlm mengartikannya, mnrt pngrtian islam,, isa adalah utusan ALLAH, bukan anak ALLAH.
October 15, 2009 at 2:24 am
@ to all..
Semua yg di sini .. okleah kta hrus mengimani keyakinan masing2..
kita hanyalah manusia sumber dosa..
pada intinya,,, berdebat untuk meyakinkan iman. it’s ok..
ttpi kesatuan dan persatuan sbagai BANGSA INDONESIA jgn sampai terpecahkan…
…
Okelah, kta buktikan, pada hari akhir,, (KIAMAT)
siapakah yg bernar di antara kita…
Hanyalah ALLAH SWT yang mengetahui bener atau salahny…
wasalamualikumm….
October 15, 2009 at 2:34 am
@HENDRA,
maaf saudaraq, sbnrny keyakinan apa yg engkau pedomani??
islam,kristen,katholik?? ato yg lain??
jika engkau islam, knp anda menggunakan dasar2 yg lain sbg pedoman??
bawasannya AL-QUR’AN DAN HADIST adalah, sumber hukum pokok ajaran islam..^^
thx
wslam
October 15, 2009 at 2:37 am
To Rony
Assalamualaikum wr. wb
rony:
ttpi blog in knp,, mlcehkn islam??
—————————-
Saya:
Anda harus klarifikasi dulu, apanya yang melecehkan islam ? commentnya orang2x non muslim ? atau treahdnya ?
Salam
October 15, 2009 at 2:57 am
@ rony
Anda belum mengetahui saya ya ? coba anda lihat profile saya disini
http://islambisa.wordpress.com/tentang-saya/
Ehm.. saudara rony… anda mengatakan :
“jika engkau islam, knp anda menggunakan dasar2 yg lain sbg pedoman??”
Maksud anda bagaimana ? saya agak kuran paham… mohon pencerahannya..
Salam
October 15, 2009 at 3:03 am
@hendra..
maaf2 saudaraq q salah tulis..
it bkan di tjkn pdmu,. kesalahan teknis..
maav y bro! ^^
wslm
October 15, 2009 at 3:05 am
@rony
Ya tidak apa2x…
Salam ^_^
October 16, 2009 at 4:48 am
hehee….
@HENDRA
ow y, bro,
^^
ad fb nd bro??
November 3, 2009 at 5:10 am
assalamualaikum.
maaf,saya sebagai seorang muslim merasa tersinggung dengan teks di atas.teks di atas jelas-jelas melecehkan islam,
yg saya tahu kristen punya 3 tuhan,saya pernah membaca tentang seorang yang baru mask islam,mereka merasa bingung mengapa tuhan mereka ada 3,apalagi mereka hanya manusia biasa yang sudah mati,sedangkan Allah tdk bisa mati,tidak beranak
dan mana biasa satu jadi 3 dalam saketika.sebagai orang kristen anda tahukan…..
November 3, 2009 at 2:06 pm
to : ria
Waalaikumsalam,
Terima kasih sudah mampir, teks yang mana yang anda maksudkan ?
Wassalam